Selasa, 02 November 2010

netsh

Anda dapat menggunakan Windows 2000 Netshell (netsh) perintah untuk melakukan hal-hal menakjubkan, termasuk mesin Anda beralih antara dua jaringan yang berbeda konfigurasi.
Jika Anda memindahkan mesin sekitar banyak, kau tahu rasa sakit karena harus mengkonfigurasi ulang pengaturan jaringan mereka sehingga mereka dapat terus berbicara pada jaringan. Hal semacam ini merupakan sebuah testbed umum di lingkungan di mana Anda sedang membangun dan menguji berbagai skenario penggelaran jaringan sebelum menggelar hal yang nyata. Anda mungkin juga harus mengkonfigurasi ulang pengaturan jaringan untuk komputer Anda jika Anda mempunyai jaringan routed dengan beberapa subnet dalam satu bangunan dan mesin sering berpindah dari satu subnet-lain skenario umum dalam sebuah laboratorium fisika atau lingkungan akademik yang serupa. Kalau tidak, jika Anda memiliki sebuah laptop yang Anda perlukan untuk menggunakan di tempat kerja, di rumah, dan di situs-situs dari beberapa klien, kemampuan untuk menyimpan dan memuat ulang konfigurasi jaringan akan penghemat waktu nyata.
Ada beberapa utilitas di pasar yang memungkinkan Anda untuk beralih cepat antara konfigurasi jaringan yang berbeda. NetSwitcher (http://www.netswitcher.com) adalah salah satu alat yang efektif. Tapi apakah Anda tahu bahwa Anda dapat melakukan hal yang sama menggunakan Windows 2000 Netshell (netsh) perintah?
Menggunakan netsh
Berikut adalah cara kerjanya. Pertama, Anda membuang pengaturan jaringan Anda ke file teks melalui baris perintah, sebagai berikut:
netsh-c interface dump> NetworkSettings.txt
Perintah ini menyimpan pengaturan jaringan saat ini Anda dalam sebuah file teks bernama NetworkSettings.txt. Sekarang, katakanlah Anda harus mengkonfigurasi ulang pengaturan jaringan mesin untuk repurpose mesin atau memindahkannya ke bagian lain dari jaringan. Lalu, kemudian, jika Anda perlu untuk mengembalikan mesin anda asli pengaturan jaringan, Anda dapat cukup ketik perintah berikut dan beban kembali ke pengaturan dibuang sebelumnya:
netsh-f NetworkSettings.txt
Perhatikan bahwa nama file tujuan tidak penting, sehingga Anda dapat secara efektif membuat beberapa file konfigurasi. Anda dapat membuat dan nama masing-masing satu untuk konfigurasi jaringan yang Anda butuhkan. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan Work.txt untuk kantor, Home.txt untuk rumah Anda konfigurasi, dan sesuatu seperti Client.txt untuk memegang nilai-nilai untuk jaringan sementara anda kunjungi.

Dengan netsh Anda dapat mengubah TCP / IP properties dari koneksi jaringan: Alamat statis atau dinamis (DHCP), alamat IP klient, alamat IP gateway, subnet mask, dan server DNS. Hal tersebut dapat berguna, misalnya, jika Anda ingin mengubah pengalamatan beberapa komputer agar statis, atau kembali ke dinamis. Selain itu, anda juga bisa mengubah alamat IP yang telah ditetapkan statis atau mengubah server DNS ke alamat yang berbeda.
Dalam contoh berikut, Anda dapat mengganti Local Area Connection dengan Wireless Connection  untuk mengkonfigurasi adapter Wi-Fi daripada Wired Ethernet card. Jika nama-nama default tidak digunakan pada PC Anda, ganti dengan nama yang benar dari adaptor yang diinginkan. Anda dapat melihat nama yang tepat pada jendela Network Connections pada Windows atau saat melihat detail jaringan pada command line.
Dibawah ini adalah contoh cara untuk mensetting sebuah koneksi jaringan dengan static IP:
netsh interface ip set address "Local Area Connection" static 192.168.0.101 255.255.255.0 192.168.0.1
(The IP address yang di maksud adalah klien: client IP, subnet mask, dan gateway IP.)
Jika anda ingin memasukan secara manual sebuah Ip address untuk DNS server ,atau menggantinya dari IP yang ada sekarang,anda bisa mencoba ini.

netsh interface ip add dns "Local Area Connection" 208.67.222.222
netsh interface ip add dns "Local Area Connection" 208.67.220.220 index=2

IP address ini untuk OpenDNS server, baris kedua konfigurasi alamat server ke dua.
Ini cara merubah dynamic addressing

netsh interface ip set address "Local Area Connection" dhcp

anda juga bisa memberi tahu adapter untuk menerima alamat DNS secara automatis

netsh interface ip delete dnsserver "Local Area Connection" all.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar